Judul Buku       : ‘Alhamdulillah… Ternyata Aku Lulus UN’ *
Penulis             : Ghofar El Ghifary dan Siswa-siswa SMP Al-Qalam Jakarta
Penerbit           : Leutikaprio, Yogyakarta
Harga               : 44.900,-
Tebal                : 218 halaman



Perasaanku semakin khawatir dan semakin tidak enak. Dengan bibir bergetar sembari mengucap basmalah kubuka surat itu dengan perlahan. Setelah kubuka, kutemukan namaku, Qomar. Lalu kulihat ke bawah lagi, Astaghfirullahal’adziem. Tulisan lulusnya tercoret. Dan nampaklah tulisan tidak lulus. Ya Allah, aku tidak lulus. Aku tercengang dalam diam. Kudapati nilai matematika yang membuatku tidak lulus; 3,8. Aku masih terdiam, tak bisa berkata apa-apa. Bibirku terasa kelu. Kepalaku sakit. Ubun-ubunku terasa kaku bagai ditancap paku.


Perasaanku begitu miris karena teriris. Tanpa kusadari air mataku pun meleleh dan menetes. Tanda tangan kepala sekolah dengan tinta hitam tebal yang tertera di surat juga meleleh karena tetesan air mataku. Lalu kuremas-remas selembar kertas yang ada di tanganku itu. Begitu muak kumelihatnya. Begitu jijik kumemegangnya. Dan kulemparkan kertas yang sudah tak berbentuk itu ke luar jendela mushala.

***

“Ini benar-benar keajaiban. Sungguh keajaiban. Saya baru saja mendapatkan informasi kelulusan hasil ujian yang baru, bahwa keputusan kelulusan yang kemarin tidak sah, karena kesalahan teknis, komputernya error. Dan Alhamdulillah dengan hasil yang sekarang sekolah kita menjadi lulus seratus persen. Dan nilai matematikamu tercantum 8,3 bukan 3,8. Subhanallah…! Selamat, Kau lulus Qomar,” ujar Pak Mahidin dengan sumringah. (Penggalan cerpen ‘Alhamdulillah… Ternyata Aku Lulus UN’)


*Bagi yang berminat untuk memiliki buku tersebut, Anda dapat memesannya langsung ke penerbit atau hubungi Abi : 085777986252