Jangan mandi malem, entar rematik baru tau rasa lo!”

Kata-kata seperti di atas seringkali kita dengar dari teman-teman kita. Meski kedengarannya agak satir, namun ada pesan tersendiri dari kata-kata tersebut. Apalagi pesan yang ingin disampaikan oleh teman kita yang bertutur semacam itu kalau bukan untuk mengingatkan kita agar tidak menyepelekan kesehatan.

Dalam hidup ini kesehatan sangatlah mahal, bahkan kesehatan tidak bisa kita beli dengan materi. Oleh karena itu, antisipasi dari hal-hal yang merugikan kesehatan sangat dianjurkan. Akan tetapi, gangguan kesehatan berupa rematik yang disebabkan mandi malam ini apakah benar adanya berdasarkan penelitian medis ataukah hanya mitos yang turun-temurun dari nenek moyang belaka?

Nah, setelah saya cari informasinya seputar mandi malam dan rematik, ternyata mandi malam itu tidak menyebabkan munculnya penyakit rematik. Itu semua hanya faktor usia dalam melakukan aktivitas mandi malam. Rematik bisa muncul akibat nyeri sendi. Para ahli kesehatan meyakini bahwa penyebab nyeri sendi pada usia lanjut adalah asam urat. Mereka (para lansia) kebanyakan mengalami rematik dan tidak diperbolehkan mandi malam karena air dingin bisa menyebabkan nyeri sendi berlebihan. Jika mereka ingin mandi malam, sebaiknya menggunakan air hangat, namun jika mandi malam tidak terlalu diperlukan sebaiknya dihindari.


Kita semua tidak dipungkiri akan mengalami rematik. Yang jadi perbedaan hanyalah lebih cepat atau lambat datangnya penyakit rematik itu pada diri kita. Akan tetapi, penyakit rematik juga bisa kita hindari sedini mungkin, agar di masa lansia kita akan tetap baik-baik saja, terhindar dari penyakit tulang tersebut.
Langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam keseharian kita agar terhindar dari penyakit rematik seperti yang saya kutip dari  www.doktersehat.com. adalah:

  1. Hindari mandi malam. Kalaupun memang harus mandi di malam hari, utamakan dengan air hangat. Prinsipnya hindari kondisi kedinginan. Kalau tubuh Anda mampu melawan rasa dingin (karena ada latihan sebelumnya), mungkin dapat dikecualikan. Pada dasarnya mandi dengan air dingin tidak dianjurkan, kecuali bagi mereka yang berusia muda, karena air dingin cocok untuk mengusir rasa malas.Utamakan makan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan antioksidan. Ini akan membantu mencegah penuaan dini. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara memasak terlebih dahulu, atau dalam bentuk jus (juice).
  2. Konsumsi Vitamin C 1000 mg per hari. Lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan Vitamin E 600-800 mg per hari.
  3. Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, utamakan sumber dari padi-padian, gandum, ubi, jagung, dan sagu. Untuk kebutuhan protein, Anda bisa mengkonsumsi telur dan susu.
  4. Untuk mengontrol asupan makanan, sangat dianjurkan untuk berpuasa.
  5. Memperbanyak minum. Hasil metabolisme purin berupa asam urat medicine online without prescription akan disekresikan melalui urin.
  6. Hindari minuman-minuman bersoda. Minuman bersoda akan meningkatkan pelepasan calcium dari tulang. Pada gilirannya akan memperberat kerja ginjal dan membuat tulang rapuh.