Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dan bentuk karya baru maupun kombinasi hal-hal yang baru dengan hal-hal yang sudah ada. Untuk itu seseorang yang kreatif adalah seseorang yang tak pernah berhenti untuk menciptakan hal-hal baru ataupun berinisiatif mengembangkan hal-hal yang sudah ada. Apa pun latar belakang seseorang tersebut, jika dia memang kreatif maka hidupnya akan selalu senang dan lebih tenang lantaran aktivitas kesehariannya cenderung bervariasi, tidak monoton.

Bervariasi dalam arti bermacam-macam gagasan yang ia sematkan untuk kehidupan, dan tidak monoton dalam arti tidak melakukan satu macam hal yang serupa (itu-itu saja). Dengan demikian seseorang yang kreatif sangat dominan dalam berkarya dibandingkan seseorang yang ‘kere-aktif’.


‘Kere-aktif’ sebenarnya hanyalah ungkapan penulis untuk orang-orang yang tak pernah menuai ide, karya, dan gagasan dalam menciptakan hal-hal baru. ‘Kere-aktif’ ini juga diambil dari kata ‘kere’ dalam bahasa sehari-hari kita yang berarti miskin/tidak pernah aktif dalam segala hal. Jika seseorang sudah mengalami ‘kere-aktif’ semacam ini, maka ia akan cenderung bosan dengan kehidupan yang dijalaninya. Apatah lagi seseorang tersebut malas pula, semakin terlunta-lunta sudah ia dalam menjalani kehidupannya. []Salam kreatif…!! ^_^