(Mading ‘Dwi-Mingguan’ edisi ke-XVI, 15/11/2011)

Awet muda adalah keinginan relatif yang dimiliki oleh setiap manusia. Tak jarang di antara mereka melakukan langkah-langkah yang dianggapnya baik namun pada hakikatnya berdampak buruk bagi kesehatannya. Seperti halnya memakai krim untuk menghilangkan kerut pada wajah agar terlihat lebih muda. Alih-alih ingin tampil lebih muda dan menarik, ternyata malah bermacam-macam penyakit kulit mulai menjangkit.

Seorang peneliti, Manuel Voelkle, menyimpulkan bahwa “Ekspresi wajah memiliki pengaruh terhadap ketelitian menilai seseorang”. Dari kesimpulan tersebut dapat kita ketahui bahwa raut wajah seseorang mampu menjadi cara penilaian mengenai masa usianya. Raut wajah seseorang yang cenderung biasa-biasa saja akan mudah kita tebak berapa usianya. Namun, raut wajah seseorang yang selalu tersenyum, bahagia, akan menyulitkan kita dalam menebak usianya, bahkan cenderung kita menilainya lebih muda dari usia aslinya.

Penelitian sebelumnya, seperti dilansir oleh memobee.com, juga menunjukkan bahwa lesung pipi dan penampilan yang lembut dapat membuat seorang wanita terlihat lebih muda.  Efek yang jauh lebih kuat adalah apabila seorang wanita kehilangan berat badan hingga 4,5 kg akan membuat ia terlihat lebih muda hingga 4 tahun. [GFR/Mading ‘Dwi-Mingguan’]