(Mading ‘Dwi-Mingguan’ edisi ke-XII, 15/7/2011)

Suatu ketika ada dua orang pengembala kambing. Mereka adalah Eko dan Parto. Mereka sibuk menjaga kambing-kambingnya yang tengah asyik melahap hijaunya rerumputan. Sore hari ini dirasa cukup melelahkan. Mereka pun ngobrol ngalor-ngidul sembari tidur-tiduran di bawah pohon.

“To, penyesalan itu datang selalu di belakang ya?” ujar Eko ke Parto

“Emangnya sekarang lu lagi nyesel?” Parto balik bertanya

“Iya, kemarin gue disuruh bawa belanjaan Bu Marni, tapi gue nggak mau. Soalnya gue lagi jagain kambing. Terus, si Ajiz deh yang disuruh. Pas habis bawain belanjaan Ajiz dikasih duit gocap sama Bu Marni. Gue nyesel nolak perintah Bu Marni, To.”

“Ah, lu Ko. Nyesel itu bukan cuma datang belakangan tapi ada juga nyesel yang datangnya duluan.”

“Masa sih? Nggak bakalan ada lah nyesel datang duluan.”

“Begini nih. Gue kan mau pulang sama kambing-kambing gue. Gue jalan di belakang kambing, kambingnya gue biarin jalan duluan. Eh, tiba-tiba ada si Aminah anaknya Pak RT. Cakep banget. Gue sampe terpesona. Lama banget gue liatin dia. Pas gue sadar, kambing-kambing gue udah nggak ada. Ah, nyesel kambing-kambing gue jalan duluan, jadinya hilang. Hehehe…”

“Itu sama aja penyesalan datangnya belakangan, bukan duluan. Dasar KOPLAKK!!”  kata Eko sambil menjitak kepala Parto yang botak. ***[GFR/Mading ‘Dwi-Mingguan’]