(Mading Dwi-Mingguan edisi ke-10, 1/5/2011)

Assalamu’alaikum, Ustadz. Saya mau tanya, jika kita sedang shalat terkadang bapak/ibu memanggil kita. Mereka tidak tau kalau kita sedang shalat. Apa yang harus kita lakukan? Terimakasih.

Fajar Sidiq, siswa kelas VII

Jawab:

Saudara Sidiq yang kami hormati,

Menjawab panggilan mereka (orang tua) dengan jawaban yang lunak temasuk nilai bakti kepada kedua orang tua yang cukup besar adalah segera menyahut dan menyambut seruan mereka (orang tua) bahkan harus atas amal ibadah sunnah, Bagi seorang anak tidaklah pantas mengabaikan panggilan kedua orang tuanya karena itu adalah perbuatan yang tercela. Sebagaimana Syeikh Nawawi Al Bantani menerangkan dalam kitab tangkihul Qoul bahwa nabi  pernah bersabda  “Bila engkau sedang shalat sunnah lalu engkau dipanggil oleh ayahmu maka penuhilah Dan bila engkau dipanggil oleh ibumu maka penuhilah.”

Di zaman Rasulullah terdapat sebuah kisah ada seorang laki-laki bernama Alqomah. Ia seorang yang giat beribadah dan banyak bersedekah. Pada suatu hari ia sakit keras dan semakin parah sakitnya. Kemudian istrinya mengutus orang kepada nabi, kemudian Sang isteri berkata : “Ya Rasulallah  suamiku sedang menghadapi ajalnya, Aku ingin memberi tahu kepadamu tentang keadaanya.” Maka Nabi bersama sahabatnya menuju rumah Alqamah, Ketika nabi masuk rumah Alqamah nabi berkata, “Hai Alqamah bagaimana keadaanmu. Namun tidak ada jawaban, Nabi tahu bahwa ia akan binasa. Kemudian Nabi membacakan kalimat syahadat namun Alqamah tidak bicara.

Melihat hal demikian nabi bertanya kepada ibu Alqamah, kemudian ibunya menjawab, “Ya Rasulullah ia berpuasa, sedekah dan shalat ia melakukan semua kebaikan tetapi aku marah kepadanya karena melebihkan istrinya daripada ibunya. Setelah mendengar penuturan ibunya maka nabi berkata kepada salah seorang sahabatnya “pergilah dan kumpulkan kayu bakar supaya aku membakarnya dengan  api”.  Ibunya berkata “Ya Rasulullah  jangan lakukan itu kepada anakku dan buah hatiku.” Nabi berkata “Siksa Allah lebih keras. Sesunguhnya Allah swt tidak ridha kecuali dengan ridhamu. Dan Allah tidak menerima shalat puasa dan sedekahnya selama engkau marah kepadanya.”

Ibu Alqamah  berkata : “Ya Rasulullah  aku jadikan Allah dan engkau sebagai saksi bahwa aku telah ridha kepadanya Kemudian Rasulullah menghampiri Alqamah dengan kalimat syahadat, Alqamah lantas mati seketika.

Dari kisah di atas dapat disimpulkan bahwa sangatlah berat siksa bagi seorang anak yang akan meninggal dunia dikarenakan tidak memenuhi panggilan orang tuanya betapapun sholehnya anak tersebut.

Sumber: http://www.ahmadriskipangestu.co.cc/2011/04/menjawab-panggilan-orang-tua-ketika.html